Emm.. Awal penelusuran saya mengenai genre musik ini adalah Mozart?
Tau kan apa itu mozart?
Mozart itu sejenis musik klasik yang amat berguna untuk merangsang system kerja otak kita, yaa singkatnya musik pintar lah~
Nah ternyata jenis mozart yang lebih spesifik untuk pelajar itu bernama baroque. Bukan baroqsai tapi baroque.. ya kawan hahaha.
Nah istimewanya, musik baroque ini sudah dirancang sedemikian rupa menyesuaikan kondisi kita saat belajar. Saat guru menerangkan, mengerjakan tugas dll ada lagu khususnya masing - masing. Selain berguna bagi pelajar, musik baroque juga berguna untuk para guru juga. Jadi tunggu apalagi.....
Download and play kawan :)
=====================
Dibawah ini penulis sudah menyediakan link download
musik klasik dan beberapa kombinasi musik modern untuk mendukung
kegiatan pembelajaran. Beberapa musik yang digunakan dibawah ini masih
dalam tahap uji coba, mengingat masih perlunya pertimbangan-pertimbangan
adanya pengaruh kondisi hipnosis gelombang alpha dan theta pada otak
manusia. Adapun cara pemakaiannya musik dengan kode 01 (Opening), 02 (Pembatas) s/d 13 (Closing)
01 (Opening)
Untuk
pembuka/apersepsi pada saat pelajaran baru akan dimulai. Guru
diharapkan menjangkarkan sugesti positif terhadap suasana kelas dengan
memutarkan lagu yang bisa membuat persepsi bahwa pelajaran yang
dilakukan akan sangat menyenangkan dan menggairahkan

02 (Pembatas)
Digunakan untuk membatasi waktu bagi murid disaat anda memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh murid.
Link download : http://www.mediafire.com/?bdva98yac44buxn
03 (Mood)
Digunakan untuk membangun mood siswa dan membuat suasana kelas lebih positif
Link download : http://www.mediafire.com/?mhemgs7rgh9ivt9
04 (Semangat)
Digunakan untuk memperbaiki mood siswa yang hancur karena kejenuhan dan kelelahan.
Link download : http://www.mediafire.com/?yg19jdceac7wcmx
05 (Relax)
Dirancang
untuk menurunkan gelombang otak dari beta ke alpha dengan tempo 55-70
bit permenit, sehingga siswa bisa masuk ke dalam kondisi hipnosis dan
siswa menjadi relax dan fokus dalam memasukkan informasi ke memory
jangka panjangnya. Musik klasik ini juga bagus untuk kesehatan jiwa dan
bisa diaplikasikan khusus untuk pendidikan anak prenatal dalam
kandungan.
Link download : http://www.mediafire.com/?u40wijmfhzat29o
Link download : http://www.mediafire.com/?u40wijmfhzat29o
06 (Visualisasi)
Dirancang untuk membantu visualisasi dan menghasilkan output kreatif pada anak didik.
07 (Diskusi) - Masih Tahap Uji Coba
Dirancang untuk bisa mestimulus kegiatan diskusi atau group learning activities.
08 (Tema)
Bila
materi dikemas dalam suatu tema seperti story-telling activity,
language game, ada baiknya menggunakan musik ini untuk memperkuat tema
pelajaran tersebut sehingga kekuatan positif pelajaran bisa dijangkarkan
ke pikiran jangka panjang para murid.
09 (Konser Act) - Masih Tahap Uji Coba
Teknik
Konser Active digunakan pada saat menjelaskan materi, guru diharapkan
membacakan materi (story telling) mengikuti intonasi musik dengan
penjiwaan dan dengan gesturing yang bagus. Ini diharapkan supaya daya
serap bahasa bisa lebih optimal dan guru juga harus memberikan
comprehensible-input (sesuatu yg mudah dipahami) ketika melakukan
aktivitas ini.
10 (Konser Pas) - Masih Tahap Uji Coba
Digunakan
untuk menjangkarkan informasi yang telah dipelajari. Sebelum melakukan
Konser Pasif, murid diharapkan dalam kondisi rilek dan santai. Dalam hal
ini guru mengulangi pembacaan materi (story telling) diikuti dengan
pembacaan secara normal, agak lirih, volume suara agak sedikit dibawah
volume musik.
11 (Konser Act-Pas) - Masih Tahap Uji Coba
Teknik
konser kombinasi antara konser aktif dan konser pasif. Teknik ini
sangat bagus digunakan dalam pembelajaran kolaborasi atau group learning
activities.
12 (Brain Gym)

13 (Closing)
Digunakan saat akan mengakhiri pelajaran. Dalam hal ini guru diharapkan menjangkarkan kegiatan pelajaran dengan musik-musik yang positif, supaya murid-murid mempunyai pikiran yang positif terhadap pelajaran yang sudah dipelajari
Link download : http://www.mediafire.com/?k525fu46p90paug
Digunakan saat akan mengakhiri pelajaran. Dalam hal ini guru diharapkan menjangkarkan kegiatan pelajaran dengan musik-musik yang positif, supaya murid-murid mempunyai pikiran yang positif terhadap pelajaran yang sudah dipelajari
Link download : http://www.mediafire.com/?k525fu46p90paug
Keuntungan dari penggunaan musik klasik dalam pembelajaran adalah
1. Musik meningkatkan energi otot
2. Musik meningkatkan energi sel tubuh
3. Musik mempengaruhi detak jantung
4. Musik meningkatkan metabolisme tubuh
5. Musik mengurangi stress dan rasa sakit.
6. Musik meningkatkan kecepatan penyembuhan dan pemulihan pasien pasca operasi.
7. Musik mengurangi rasa lelah dan mengantuk
8. Musik membantu meningkatkan kondisi emosi ke arah yang lebih baik.
9. Musik merangsang kreativitas, kepekaan dan kemampuan berpikir.
Kesimpulannya
Musik klasik atau musik apapun itu bisa mempengaruhi pola psikologis para pendengarnya. So, hati-hatilah mendengar musik, for example, mendengar musik sedih saat diputusin pacar bisa memperkuat kesedihan tersebut berlarut-larut (ex : Lagu Cinta Dia by Geisha; bisa dicoba kok - hahaha, I've been working on this research for 3 months). Jadi dengarkan musik yang positif yang bisa menata hati kita lebih baik (musik klasik, musik pop, musik reggae) dan mengispirasi hidup kita agar tidak semata-mata berpikir negatif akan arti hidup ini.
Writer : Mr. Made Kasumajaya
Source : http://quantummenglish.blogspot.com/2012/08/musik-klasik-untuk-belajar.html
Izin copy untuk jadi referensi ya. Tengkyu..
ReplyDeleteTerima kasih atas artikel yg bermanfaat. Izin download ya...
ReplyDelete